Sabtu, 01 Maret 2014

Bagian-bagian sepeda

Kali ini saya akan memberi informasi tentang
"Bagian-bagian Sepeda"
Seorang Goweser tentunya harus mengetahui bagaian-bagian /komponen sepeda. Tetapi kita kadang dibuat bingung, karena bagian-baigan/kompenen sepeda banyak yang menggunakan istilah dengan bahasa inggris bukan menggunakan bahasa indonesia. Tentunya ini dapat menyulitkan apabila kita ingin mengganti bagian/komponen sepeda kita.

Berikut ini saya coba rangkumkan beberapa istilah bahasa inggris bagian-bagian / komponen sepeda ke bahasa indonesia (mohon maaf jika belum lengkap)  :





  1. Handlebar :  Stang Sepeda
  2. Grip : Pegangan pada stang sepeda
  3. Top Tube : Merupakan bagian dari frame sepeda bagian atas, Tips: Sesuaikan ukuran frame dengan tubuh anda
  4. Down Tube :  Merupakan bagian dari frame sepeda, melintang dari HeadSet terhubung langsung dengan top Tube Seat, Stay dan Rumah BB (buttom Bracket)
  5. Seat Stay : Merupakan bagian belakang frame. Untuk MTB dual suspension Seat Stay biasanya berupa swingarms (lengan ayun) terhubung dengan frame menggunakan suspensi belakang.
  6. Shifter : Grupsets (komponen) pemindah gigi tranmisi, berfungsi untuk menggerakan FD (front derailleur) dan RD (rear derailleur),
  7. Headset : Tiang penahan bagian stang sepeda dari garpu sampai ke frame dan kemudi sepeda
  8. Stem : penghubung tiang garpu depan ke stang sepeda, dijepit dengan headset
  9. V-Brake : Rem konvensional dengan karet, menjepit bagian velg untuk pengereman
  10. Disk Brake Mechanic : Rem dengan rotor, menggunakan sistem kabel
  11. Disk Brake Hydrolic : Rem dengan tekanan oli, lebih nyaman di bandingkan rem mekanik. termasuk rem sepeda premium. memiliki kelebihan lebih ringan ketika melakukan pengereman pada jari tangan butuh perawatan, kebutuhan minyak rem berbeda antara minerel oil dan DOT
  12. Rim : Velg roda, dibagi antara vel biasa dan tubeless
  13. Hub : Hub, gear, bagian tengan roda yang menyambung ke badan sepeda dan garpu depan dibagi QR dan TA.QR (Quick Release) sebagai standar lama, TA (Thru Axle) adalah hub model baru yang lebih kuat dan aman
  14. Spoke : Jari-jari Sepeda
  15. Rigid Fork : Garpu depan tanpa pegas
  16. Suspension Fork : Garpu depan dengan pegas, memiliki sistem dari kombinasi angin, oli, dan per dibagi dengan Front Suspension (garpu depan pegas) dan Rear Suspension shock (pegas suspension bagian belakang.
  17. Crank : Gigi depan terhubung ke pedal sepeda dibagi menjadi single ring, double ring dan triple ring
  18. Bottom Bracket : Silender untuk penahan gigi depan, jenis bearing pada sepeda baru. Sepeda lama hanya menggunakan ball bearing yang menyatu dengan crank
  19. Chain : Rantai sepeda.tergantung ukuran dari speed, 7,8,9,10,atau 11. Rantai dan komponen untuk beda speed berbeda.
  20. Seatpost : Batang atau penahan sadel. Seatpost biasanya dinaikturunkan secara manual. Adjustable Seatpost adalalah jenis yang menggunakan pegas, bisa diturun naikan menggunakan tuas/diremote ke stang
  21. Saddle : Sadel / tempat duduk sepeda
  22. Cassette / Sprocket : Gigi belakang sepeda. Dibuat berbeda-beda antara 7, 8.9 10 dan 11 speed. Jumlah speed adalah jumlah ring gigi yang ada
  23. FD/RD/Rear Mechanic : Alat pemindah gigi bagian depan atau belakang
  24. Hanger : Penghubung RD dengan bagian frame sepeda berguna untuk
  25.  menggantung RD dibagian gigi belakang
  26. Clamset :  Penahan seatpost, penjepit tiang bangku yang berguna untuk menaik dan menurunkan bangku
  27. Wheelset : Roda sepeda termasuk hub, velg dan jari-jari. biasanya dirancang jadi satu unit dan dibuat pabrikan.
  28. Tube/Tire : Ban luar
  29. Inner Tube : Ban dalam
  30. Tubeless : Ban sepeda tanpa ban dalam, memerlukan velg khusus tidak memiliki lubang  jari-jari
  31. Quick Release (QR) : Kunci bagian roda, agar mudah dilepas dan dipasang
  32. Thru-Axle : Seperti Quick Release, tetapi berbentuk slot yang dimasukan ke garpu depan sepeda. Biasanya lebih handal dan lebih menjamin agar roda depan tidak mudah lepas
  33. Rotor : Besi cakram sepeda jenis disk brake. dibagi ukuran 6,7,8 inch. Semakin besar ukuran rotor, semakin kuat daya cengkramannya
  34. Presta atau Schrader : Jenis pentil ban sepeda. Presta ukuran kecil. Schrader ukuran besar seperti pentil ban motor
  35. Brake Pad : Kanvas rem, untuk rem jenis disk brake penjepit cakram
  36. Rim Tape : Pelindung ban dalam. Seperti pita yang dililitkan ke velg, berguna untuk melindungi bagian ban dalam agar tidak tersobek  oleh lubang jari-jari
  37. Pedals : Kayuhan, merupakan komponen untuk memutar Buttom Bracket dan crankset sehingga sepeda bisa bergerak (digerakan ketika kita mengayuh sepeda)

Sekian postingan kali ini,terima kasih telah berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar